Walikota saat menduduki Upuan (Kursi Pemangku Adat Tertinggi)

Tatong Bara di Beri Gelar Adat Kolano’ In Kotamobagu

BMRPost.com,KOTAMOBAGU– Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, menggelar upacara adat PODUI’AN BO POPONIKAN KON KOMALIG kepada Walikota Ir Hj Tatong Bara dan Wakil Walikota Kotamobagu Nayodo Keorniawan SH. Bertempat di Lapangan Boki Hotinimbang Kota Kotamobagu, Rabu (3/9/2018).

Upacara adat ini dimaksudkan untuk Penobatan gelar sebagai Pemangku Adat Tertinggi (Podui’an) serta mempersilahkan untuk Menempati Rumah Dinas Jabatan (Bo Poponikan Kon Komalig) bagi keduanya.

Dalam kegiatan tersebut, Walikota secara resmi menyandang gelar adat Kollano in Kotamobagu (Pemangku adat tertinggi) yang disematkan oleh para tetua adat se-Kota Kotamobagu.

Setelah melewati berbagai prosesi adat, mulai dari tarian khas BMR dan pemberian gelar tertinggi hingga penyerahan Tunkud (Tongkat Kepemimpinan) oleh Kollano in Bolaang Mongondow yakni Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Walikota di arak menggunakan tandu untuk dibawah menuju rumah dinas jabatan.

Walikota di Arak menuju Rumah Jabatan

Usai mengikuti proses pemberian gelar adat, Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara mengatakan hal ini dimaksudkan untuk melestarikan adat yang biasa dilakukan para raja-raja (Bogani Bolaang Mongondow) agar adat dan budaya selalu menjadi jati diri Putra/Putri BMR.

“Ini tanah adat sudah dari dulu. Untuk menjaga kelestarian adat istiadat kita itu siapa lagi pasti kita.Ini adalah prosesi adat dari turun temurun selalu dilaksanakan. Dan ada perbaikan-perbaikan termasuk kostum dan tata cara yang didalami oleh para budayawan,” ujar Walikota.

Walikota saat bersama dengan Bupati Bolmong, Walikota Kotamobagu serta Unsur Forkopimda Kotamobagu

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Bupati Bolaang Mongondow Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, Unsur Forkopimda, Anggota DPRD KK, Jajaran SKPD Kota Kotamobagu, Camat se-Kotamobagu, Lurah dan Sangadi se-Kotamobagu, Lembaga Adat se-Kotamobagu serta ASN dilingkup Pemerintahan Kota Kotamobagu.

Penulis: Chandra

Komentar Facebook

komentar

Berita Lainnya

Edan! Mengaku Nabi, Pria ini Jual Tiket ke Surga Seharga Rp 2 Juta

BMRPost.com,KARAWANG – Pertengahan tahun 2016, nama Abdul Muhjib, pria asal Karawang, sempat mencuat. Bukan karena prestasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *