HEADLINE

Ini Penjelasan Cuaca Dingin yang Melanda Wilayah Indonesia

BMRPost.com,NASIONAL– Hamir seluruh wilayah Indonesia saat ini sedang dilanda cuaca dingin. Udara yang begitu dingan saat pagi membuat masyarakat banyak yang penasaran sebanarnya apa yang terjadi, sehingga cuaca begitu dingin.

Banyak spekulasi bermunculan dari mulai disebabkan fenomena aphelion atau fenomena bumi saat sedang berada dalam posisi jarak terjauh dengan matahari. Namun spekulasi itu tidak benar.

Menurut Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, peristiwa cuaca dingin yang melanda Indonesia dikarenakan beberapa hal.

Sutopo menyampaikan keteranggan yang sebelumnya sudah disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait cuaca dingin yang sedang melanda Indonesia melalui akun Twitter.

Sutopo menuliskan, menurut BMKG, cuaca dingin yang melanda Indonesia bukan disebabkan fenomean aphelion. Cuaca dingin ini lebih doniman karena tidak adanya awan di atmosfer.

Ia menambahkan, angin dari Australia yang dingin dan kering ke Asia melalui Indonesia, sehingga cuaca dingin melanda Indonesia.

“Menurut BMKG, cuaca dingin saat bukan disebabkan fenomena aphelion. Cuaca dingin saat ini lebih dominan karena tidak adanya awan di atmosfer. Angin dari Australia yang dingin dan kering ke Asia melalui Indonesia sehingga cuaca menjadi dingin di Indonesia. Jadi bukan Aphelion,” tulis Sutopo.

Seperti diketahui sudah beberapa hari ini cuaca diberbagai daerah di Indoensia begitu dingin. Suhu terdingin ini bahkan ada yang mencapai suhu terendah dan membuat badan menggigil kedinginan.

Komentar Facebook

komentar

Berita Lainnya

Wakil Walikota Sambangi Empat Kantor SKPD

BMRPost.com,KOTAMOBAGU– Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan menyambangi beberapa kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *