Dukung Pelaku Usaha, Tahun 2019 Pemkot Kotamobagu Bakal Terbitkan 500 Izin Usaha

BMRPost.com,KOTAMOBAGU– Pemerintah Kota melalui Dinas Perdagangan  Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kotamobagu rencananya akan menerbitkan sebanyak 500 surat izin usaha yang akan dikeluarkan pada tahun 2019 mendatang.

Kepala Disperindagkop-UKM melalui Kepala Bidang Koperasi dan UKM, Mohamad Yamin mengatakan, penerbitan ke-500 surat izin usaha tersebut merupakan target pemerintah dalam mendukung legalitas produksi dari para pelaku usaha.

“Selain untuk mendukung prodak pelaku usaha, nantinya dari pemerintah akan memberikan bantuan modal untuk pengembangan usaha mereka,” kata Yani

Dia menjelaskan, bantuan modal usaha diperuntukkan, bagi pelaku usaha mikro yang telah berjualan maupun yang baru memulai usaha mereka.

Total bantuan modal usaha yang akan diberikan pemerintah berkisar hingga Rp 25.000.000.

“Ini upaya pemerintah dalam mengentaskan angka kemiskinan dan membuka lapangan pekerjaan bagi setiap warga yang ingin membangun ekonomi kreatif dan produktif,” ujarnya.

Disisi lain, Yani mengungkapkan izin usaha yang diterbitkan bisa menjadi rekomendasi apabila pelaku usaha akan melakukan pinjaman modal Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke pihak Bank. Hal ini dikarenakan pemerintah Kotamobagu telah menjalin kerjasama dengan beberapa Bank Swasta maupun milik Negara.

“Kalau mereka (Pelaku usaha. Red) ingin menambah modal maka, surat izin usaha tersebut bisa dijadikan sebagai dasar pinjaman ke pihak bank yang ada di kotamobagu, intinya pemerintah akan selalu memberikan keudahan bagi setiap pelaku usaha mikro dalam mengembangkan jenis usaha yang akan dibangun, dalam artian positif,” terangnya.

Diketahui, ditahun 2018 ini pemerintah telah menerbitkan sebanyak 750 izin usaha yang secara langsung diberikan oleh Walikota Kotamobagu.

Penulis: Chandra
 

Komentar Facebook

komentar

Berita Lainnya

Edan! Mengaku Nabi, Pria ini Jual Tiket ke Surga Seharga Rp 2 Juta

BMRPost.com,KARAWANG – Pertengahan tahun 2016, nama Abdul Muhjib, pria asal Karawang, sempat mencuat. Bukan karena prestasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *