HEADLINE

Kembangkan Kopi Organik “Ateng”, Pemkot Kotamobagu Sediakan Bantuan Penunjang Perkebunan

BMRPost.com,Kotamobagu– Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu mulai meletakan perhatian serius terhadap pembangunan  sektor Agroindustri di antaranya pengembangan serta pemasaran Kopi di Kotamobagu.

Kepala Badan (Kaban) Perencanaan Penilitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda), Sofyan Mokoginta, menyebutkan. Berdarsarkan survei penelitian, salah satu wilayah yang tepat untuk melakukan pengembangan kopi organik yakni berada di Desa Poyowa Besar, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

“Ada sekitar 2000 Hektar luas lahan yang kami rasa berpotensi untuk dijadikan sebagai areal perkebunan Kopi organik,” tutur Sofyan.

Sofyan juga mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengurus cara bagaimana mendapatkan indikasi geografis paten kopi Kota Kotamobagu.

“Sementara ini kami masih memproses Hak cipta paten seperti Kopi Toraja dan Kopi Aceh yang  telah lebih dulu dikenal. Namun salah satu yang jadi pembahasan untuk dikembangkan adalah jenis kopi Ateng, dimana saat ini dibudidayakan oleh petani Kopi di desa Poyowa Besar,” bebernya.

Dirinya juga menambahkan, pihaknya telah berkordinasi dengan beberapa instansi terkait, termasuk Dinas Pertanian dan Dinas Pekerjaaun Umum untuk meminta bantuan bibit tanaman kopi serta perbaikan jalan perkebunan sebagai insfrastruktur pendukung.

(Reporter: Chandra Mokoagow)

Komentar Facebook

komentar

Berita Lainnya

Tatong Bara Tutup Turnamen Walikota Cup III 2018

BMRPost.com,KOTAMOBAGU– Walikota Kotamobagu, Ir. Hj. Tatong Bara, secara resmi menutup kegiatan ajang kompetisi Sepak Bola Open …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *