HEADLINE
Ir Hj Tatong-Bara

Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemerintah Tertinggi di Era Tatong Bara

BMRPost,KOTAMOBAGU-Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan Tatong Bara menurut sebagian besar warga Kotamobagu adalah yang tertinggi sejak Kotamobagu menjadi daerah Otomom baru (DOB) pada tahun 2007. Terhitung, hampir 11 tahun Kotamobagu menjadi DOB dan memiliki pembangunan invrastruktur serta SDM yang peningkatannya sangat signifikan di 5 Tahun terakhir atau di era kepemimpinan Tatong Bara. Hal tersebut memang tidak luput dari sinegritas yang dibangun antara eksekutif dan legislatif serta stekolder yang selalu pro akan kepentingan masyarakat Kotamobagu, serta masyarakat yang senantiasa mendukung program-program pemerintah yang pro rakyat. Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemerintah Tertinggi di Era Tatong Bara

Yang paling mencolok dan dirasakan langsung oleh masyarakat adalah, saat pemerintah Kotamobagu memiliki banyak program dan Inovasi yang secara umum sangat membantu dan mengutamakan kepentingan rakyat menengah dan kebawah. Mulai dari sektor industri kecil dan menengah hingga pengurusan izin usaha yang saat ini mudah diperoleh dan di gratiskan. Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemerintah Tertinggi di Era Tatong Bara

Lepas dari itu, disisi pembangunan Invrastruktur, masyarakat boleh bersyukur karena di era pemerintahan Tatong Bara, masyarakat kini bisa menikmati pembangunan yang benar-benar diperuntukkan untuk masyarakat banyak dan memiliki fungsi-fungsi yang menguntungkan.

Jalan-jalan utama hingga lorong-lorong yang ada di Kotamobagu, nyaris tuntas diperbaiki. Sumber anggaran yang berasal dari APBD hingga APBN benar benar di manfaatkan sebaik mungkin untuk kebutuhan masyarakat. Selain jalan, fasilitas umum lainnya juga sangat terlihat. Bangunan-bangunan pelayanan publik dibuat sedemikian rupa, untuk menunjang keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Puluhan penghargaan telah diberikan kepada Tatong Bara berkat terobosan khusus dan cara taktis mengatasi berbagai persoalan dan tantangan dalam pengelolaan pemerintahan Kota Kotamobagu. Mulai dari penghargaan berskala Provinsi, hingga penghargaan yang berskala nasional.

Menilai keberhasilan Pemerintahan Tatong Bara, secara berkala apakah tahunan atau lima tahunan bisa diselaraskan dengan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah satu tahun) atau RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah 5 Tahun) suatu daerah. Dan terbukti, semuanya selaras dan tidak ada yang berjalan diluar koridor.

Selain itu, proses pemerataan kesejahteraan penduduk tentunya bukan suatu hal yang gampang, mengingat sulitnya indikator-indikator yang harus dipenuhi agar kesejahteraan penduduk dapat tercapai. Untuk menilai keberhasilan pembangunan, ada syarat yang diperlukan untuk mengukur atau menunjukkan tingkat keberhasilan pembangunan. Syarat itu harus dimulai dari tingkat pemahaman semua komponen terkait indikator-indikator atau variabel-variabel pembangunan serta pengertian penerapan kebijakan dan hasil dari proses pelaksanaan kebijakan. Dan di Era Tatong Bara, tantangan tersebut mampu terjawab dengan kerja keras dan kerjasama.

Pembangunan agar menjadi suatu proses yang dapat bergerak maju atas kekuatan sendiri tergantung kepada manusia dan struktur sosialnya. Jadi bukan hanya yang dikonsepsikan sebagai usaha untuk mengejar pertumbuhan ekonomi belaka. Pembangunan tergantung dari suatu innerwill, proses emansipasi diri dan suatu partisipasi kreatif dari semua kalangan menuju pada pembaharuan segala aspek. Dan ini yang menjadi salah satu pegangan Tatong Bara, sehingga bisa membawa Kotamobagu kearah yang lebih baik.

Penulis : Octav Singal

 

 

Komentar Facebook

komentar

Berita Lainnya

Kasus Dugaan Pelanggaran UU ITE Berlanjut, Polres Bolmong Surati AH

Kepastian dipanggilnya pemilik akun  Awie Hassan yaitu dengan terbitnya surat panggilan nomor : S.pgl /203/IV/2018/Reskrim, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *