HEADLINE
Peserta UKW saat melaksanakan Ujian

16 Peserta UKW XII Sulut Dinyatakan Berkompeten

BMRPost,KOTAMOBAGU-Standar Kompetensi Wartawan (SKW) nampaknya menjadi perhatian khusus bagi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kotamobagu dan Bolmong, provinsi Sulawesi Utara. 16 Peserta UKW XII Sulut Dinyatakan Berkompeten

Untuk meningkatkan komptensi wartawan dewan pers mewajibkan para wartawan untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Bahkan pada bulan Februari 2017 dewan pers telah menerapkan peraturan barunya, yakni setiap wartawan harus memegang kartu lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW). 16 Peserta UKW XII Sulut Dinyatakan Berkompeten

Setelah semua sudah siap, Proses demi proses pada UKW XII berjalan dengan tegang. peserta mulai mengadakan dan melakukan kegiatan wawancara, menyampaikan ide berita, membuat usulan rubrik dll.

UKW yang belangsung di Gedung Cempaka Putih ini dimulai pada pukul 09:00 senin pagi (10/04/2017) hingg berakhir pada malam hari pukul 22:00. Untuk kelas muda ada tiga kelas terdiri dari kelas satu dengan jumlah peserta 6 orang, kelas dua dengan peserta 7 orang dan kelas 3 jumlah peserta 6 orang.

Hampir semua peserta terlihat kesulitan saat memberikan tanggapan terkait usulan berita, semuanya dinilai oleh tim penguji. Penilaian diberikan pada saat itu juga. Peserta juga harus tanda tangan untuk menyetujui atau tidak dengan nilai yang diberikan penguji.

Diketahui, dari 21 peserta UKW kali ini, 5 dinyatakan gugur, 2 diantaranya karena tidak mengikuti ujian, sementara 3 peserta dinyatakan belum berkompeten.

16 peserta yang dinyatakan lulus/berkompeten diantaranya, adalah :

1. Zulharman Abidzulu

2.Frian Eyato

3.Sulistio Mokodongan

4.Adriadi Paputungan

5.Oktavianus Singal

6.Maslan Mokodongan

7.Sukamulia Lobud

8.Gito Mokoagow

9.Ade Putra Muno

10.Sonny Korompot

11.Ramdan Buhang

12.Galib Berahima

13.Jekly Makaraung

14.Abdi Firmasyah Sutomo

15.David Reza Wullur 

16.Wolter Rumampar

Vouke Lontaan selaku ketua PWI Sulawesi Utara (Sulut) juga memberikan apresiasi kepada jajaran pengurus PWI Kota Kotamobagu dan Bolmong yang sudah tiga kali melaksanakan UKW di Kotamobagu.

Sementara itu, Ketua PWI Kotamobagu dan Bolmong Audy J Kerab berharap, para peserta yang telah dinyatakan lulus, agar dapat melaksanakan tugas-tugas kewartawanan secara lebih profesional.

“Untuk menjamin kemerdekaan pers dan memenuhi hak publik untuk memperoleh informasi yang benar, wartawan Indonesia memerlukan landasan moral dan etika profesi sebagai pedoman operasional dalam menjaga kepercayaan publik dan menegakkan integritas serta profesionalisme. Atas dasar itu, wartawan Indonesia menetapkan dan menaati Kode Etik Jurnalistik,” terang Audy

Bertindak sebagai tim penguji, Ainur Rohim (Pengurus PWI Pusat), Fathur Rahman (Komisi Pendidikan PWI Pusat), Uyun Achadiat (Anggota Komisi UKW PWI).

(Octav)

Komentar Facebook

komentar

Berita Lainnya

HANI 2018, BNN Bolmong Akan Gelar Jalan Sehat dan Bakti Sosial

BMRPost,KOTAMOBAGU-Sebagai penghargaan akan prestasi dan sekaligus memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) tahun 2018, Badan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *