HEADLINE
Diduga Akibat Korsleting, Rumah Herson Terbakar

Diduga Akibat Korsleting, Rumah Herson Terbakar

BMRPost,SULUT-Amukan ‘si jago merah’ melahap habis rumah dan isinya milik keluarga Tamalumu-Pandelisang, warga Kampung Talawid Lindongan II, Siau Barat Selatan, Sangihe, Kamis (19/01/2017) sekitar pukul 11.30 WITA. Diduga Akibat Korsleting, Rumah Herson Terbakar

Kebakaran terjadi saat rumah dalam keadaan kosong karena ditinggalkan pemiliknya yang sedang membuat pusara ibu mertuanya, di Kampung Bahu Lindongan I, berjarak sekitar 1 kilometer dari rumahnya. Diduga Akibat Korsleting, Rumah Herson Terbakar

Dua saksi di lokasi kejadian, Asni Takakobi (60) dan Ferra Panggalerang (39) menuturkan, mereka melihat api disertai kepulan asap tebal dari sisi kanan belakang rumah korban. Keduanya lalu berteriak dan meminta pertolongan.

Warga sekitar pun mendatangi rumah korban dan berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya, namun api cepat membesar dan menghanguskan hampir seluruh bagian rumah semi permanen tersebut, yang sebagian besar terbuat dari kayu.

Kejadian ini selanjutnya dilaporkan kepada Dinas Pemadam Kebakaran dan pihak kepolisian setempat. Tak lama, personel Polsek Siau Barat mendatangi lokasi kejadian dan melakukan pengamanan serta pengumpulan keterangan dari sejumlah saksi.

Sementara korban, Herson Tamalumu (48) mengatakan, ia baru mengetahui musibah kebakaran sekitar pukul 11.40 WITA, setelah diberitahu oleh warga sekitar. Korban pun bergegas pulang dan betapa sedihnya ia saat mendapati rumahnya telah ludes terbakar.

Mobil pemadam kebakaran yang tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 12.10 WITA pun tak dapat berbuat banyak, karena api telah mengamuk dengan hebat dan hanya menyisakan reruntuhan puing-puing rumah saja.

Dikatakan korban, ia meninggalkan rumah sekitar pukul 09.00 WITA. Sebelum pergi korban sempat memasak makanan untuk hewan peliharaannya di tungku, yang berada di sisi kanan belakang rumahnya. Usai memasak, korban pun menyiram api di tungku dengan air.

Di dekat tungku tersebut, jelasnya, terdapat lemari es dan stop kontak yang pernah mengalami korsleting listrik beberapa waktu sebelumnya dan oleh korban diperbaiki sendiri tanpa meminta bantuan teknisi listrik atau petugas PLN. Naasnya, pagi itu korban lupa mematikan aliran listrik di rumahnya, dan hal ini diduga sebagai pemicu terjadinya kebakaran.

Api cepat membesar, menurut korban, juga disebabkan adanya sekitar 10 botol bensin dan beberapa kembang api yang disimpan di dalam rumah. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran siang itu. Kerugian material yang dialami korban mencapai Rp 400 juta. Penyebab pasti kebakaran ini masih diselidiki lebih lanjut oleh Polres Sangihe dan jajaran.

(Humas Polda Sulut)

Komentar Facebook

komentar

Berita Lainnya

Sehan Landjar : Benny Rhamdani Sangat Layak ke DPR RI

BMRPost,BOLTIM-Sehan Salim Landjar SH, tetap mendukung Benny Rhamdani, maju sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *