HEADLINE

202 PPS Umumkan DPS Pilkada Bolmong

BMRPost,BOLMONG-Pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) serentak mulai dilakukan oleh 202 Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 202 Desa atau Kelurahan, mulai Kamis (10/11). 202 PPS Umumkan DPS Pilkada Bolmong

Pengumuman DPS ini dilakukan dengan cara menempelkan daftar nama pemilih di tempat-tempat umum, seperti di papan pengumuman balai desa atau kantor desa setempat. 202 PPS Umumkan DPS Pilkada Bolmong

Hal ini bertujuan untuk memudahkan warga melihat langsung namanya apakah sudah terdaftar atau belum dalam daftar pemilih pilkada nanti.

“Apabila belum terdaftar maka secepatnya melapor ke PPS setempat,” ujar Ketua Divisi Program dan Data KPU Bolmong, Isnaidin Mamonto.

Kata Isnaidin, DPS nantinya akan diperbaiki setelah pihaknya dalam hal ini melalui petugas di tingkat PPS menerima masukan dari masyarakat.

“Untuk itu peran serta masyarakat dalam melakukan perbaikan data daftar pemilih sangat penting, agar setiap warga negara yang memiliki hak konstitusional dapat masuk dalam daftar pemilih,” tegasnya.

Dia berharap sebelum penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Desember mendatang, tak ada lagi warga yang memiliki hak pilih, tidak masuk dalam daftat pemilih tetap.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Pencatatan Sipil Bolmong terkait warga yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih, namun belum ada KTP elektronik atau masuk dalam database kependudukan.

“Yang pasti kami upayakan semua masuk dalam DPT. Makanya penting sekali peran serta masyarakat untuk aktif mengecek nama mereka apakah sudah masuk atau belum,” imbuhnya.

Informasi penting lainnya kata Isnaidin, selain telah diumumkan warga juga bisa memastikan DPS ini melalui websitenya KPU, https://pilkada2017.kpu.go.id/pemilih/dps/nasional, dengan cara memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Cara yang simpel juga silahkan cek melalui website, baik melalui komputer, laptop atau handphone yang terkoneksi dengan internet,” urai Isnaidin.

Selain itu, pengumuman dilakukan melalui pengeras suara disetiap desa atau kelurahan di Bolmong.

Arlin Aring satu diantara warga Imandi mengaku belum melihat pengumuman, tapi Ia yakin namanya sudah terdaftar sebagai pemilih di Bolmong.

“Sebagai warga Bolmong tentunya akan berpartisipasi pada pilkada 15 Februari 2017 mendatang,” katanya.

Ia menambahkan, untuk memastikan namanya berada di papan pengumuman dan sudah masuk dalam DPS, Ia berencana pulang kampung sekalian bertemu keluarga.

“Saya kuliah di Manado dan ingin mencari informasi pasti agar tahu apakah nama sudah ada dalam DPS,” pungkas Aring. (*)

Komentar Facebook

komentar

Berita Lainnya

Kasus Dugaan Pelanggaran UU ITE Berlanjut, Polres Bolmong Surati AH

Kepastian dipanggilnya pemilik akun  Awie Hassan yaitu dengan terbitnya surat panggilan nomor : S.pgl /203/IV/2018/Reskrim, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *