HEADLINE

Kerjasama dengan UGM, Pemkab Bolmut Buka Sosialisasi Analisis Standar Belanja

BMRPost,BOLMUT– Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Senin (17/10) membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Analisis Standar Belanja (ASB) Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada Yogyakarta Dalam Rangka Penyusunan Anggaran Belanja Tahun 2017. Diselengarakan oleh Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kab. Bolmut yang bertempat di ruang rapat Bupati. Dengan menghadirkan narasumber atau pemateri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Magister Ehrmann Suhartono, M. Si, Akt, CA dan Cholis Aunurrohman, M.Si.

Kegiatan ini bertujuan sebagai standar yang digunakan untuk menganalisis kewajaran beban kerja atau biaya setiap program atau kegiatan yang sejenis Pelaksanaan Pelatihan, Bimtek, Workshop, Lokakarya, Rapat Kerja yang akan dilaksanakan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Bolmut yang akan menjadi acuan dan pedoman bagi SKPD dalam menyusun RKA-SKPD Tahun Anggaran 2017.

Selanjutnya, Sambutan Bupati Bolaang Mongondow Utara yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah menyampaikan apresiasi dan menyambut baik terlaksananya kegiatan ini, sebagai upaya meningkatkan kinerja Pemerintah Daerah. dikatakan juga bahwa ASB merupakan salah satu instrumen dengan pendekatan kinerja. Dalam hal pengeluaran anggaran daerah berdasarkan pada kewajaran ekonomi, efisien dan efektif, maka Anggaran daerah harus disusun berdasarkan kinerja yang akan dicapai oleh daerah, sehingganya anggaran daerah akan lebih transparan, adil dan dapat dipertanggungjawabkan.

Selain itu, disampaikan penerapan ASB memiliki beberapa manfaat yaitu dapat menentukan kewajaran belanja, meminimalisir terjadinya pengeluaran yang kurang jelas, meningkatkan efisiensi dan efektivitas, penentuan anggaran berdasarkan tolak ukur kinerja yang jelas, dan unit kerja mendapatkan keleluasaan yang lebih besar untuk menentukan anggarannya sendiri. lebih lanjut, Bupati berharap agar para peserta dapat menerima, mempelajari, dan memahami, penyusunan Analisis Standar Belanja serta difokuskan pada tugas dan fungsi SKPD pada tahun anggaran 2017.

Hadir pada kegiatan ini para Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah, Sekretaris dan Kasubag Program dari masing-masing SKPD.

Komentar Facebook

komentar

Berita Lainnya

Kasus Dugaan Pelanggaran UU ITE Berlanjut, Polres Bolmong Surati AH

Kepastian dipanggilnya pemilik akun  Awie Hassan yaitu dengan terbitnya surat panggilan nomor : S.pgl /203/IV/2018/Reskrim, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *