HEADLINE

Gugatan JPU Ditolak, Hakim Nyatakan MMS Bebas

BMRPost,MANADO-Pengadilan Negeri ( PN) Tindak Pidana Korupsi ( Tipikor ) Manado, Sulawesi Utara ( Sulut) Selasa (18/10) kembali menggelar sidang dugaan korupsi TPAPD dengan agenda Putusan Sela yang diketuai oleh Majelis Finsen, SH, MH di damping dua anggota majelis hakim. Sebelumnya sidang ini sempat ditunda karena salah satu hakim anggota berhalangan sakit.

Hakim memutuskan untuk mengabulkan eksepsi atau keberatan dari pengacara ( PA) terdakwa Marlina Moha Siahaan (MMS) terhadap dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU), dengan Membebaskan terdakwa dari dakwaan JPU, karena dinilai kabur tidak sesuai pasal, membingungkan dan meyesatkan.

“ Dakwaan concursus realis (meerdaadsche samenloop), sehingga surat dakwaan yang demikian akan menimbulkan confuse (membingungkan) atas misleading (menyesatkan). Maka dakwaan dapat dikualifikasikan sebagai dakwaan yang bersifat Obscure Libelum (kabur/tidak jelas dan tidak lengkap).” Jelas Hakim saat sidang berlangsung

Marlina Moha Siahaan (MMS) didakwa terlibat dalam penyalahgunaan uang negara dan telah menggunakan sesuai pasal 2 ayat (1) jo pasal 18 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU RI No 20 tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU RI No 31 tahun 1999, sebagai pijakan hukum untuk menggiring MMS ke kursi pesakitan, namun pada akhirnya harus kandas dan di tolak oleh majelis hakim karena membingungkan dan menyesatkan serta majelis hakim mengabulkan/menerima Eksepsi MMS ( Terdakwa ) Bebas demi hukum.

Sememtara itu Hj.Marlina Moha Siahaan ( MMS) saat di wawancarai sejumlah awak media usai mengikuti persidangan di pengadilan tipikor menjawab, menghormati putusan majelis hakim.

“Atas nama pribadi saya ucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat sulawesi utara ( Sulut ) lebih khusus masyarakat bolaang mongondow Raya ( BMR ) yang selama ini senantiasa mendoakan,mensuport,mendukung serta memotivasi saya dalam menghadapi permasalahan ini,” Ucap Marlina Moha Siahaaan

Perlu diketahui bahwa kasus TPAPD yang melibatkan Hj.Marlina Moha Siahaan ( MMS ) ini, sudah perna di sidangkan dan putusan sela sudah ada oleh pengadilan tipikor manado dan di perkuat oleh keputusan pengadilan tinggi ketika JPU melakukan banding. namun pihak JPU masih terus mengajukan dakwaan baru dengan nomor register yang sama, objek dan subjek yang sama juga. sehingga majelis hakim mempertimbangkan bahwa Tuntutan dari JPU tidak kuat, batal demi hukum.

(Octav)

Komentar Facebook

komentar

Berita Lainnya

Inverse Rick’s Motor Kembali Harumkan Nama Kotamobagu di Makassar

BMRPost,MAKASSAR-Lanud Sultan Hasanuddin Makassar di Mandai, Maros, menggelar Bulan Dirgantara 2018 Sabtu 28 April 2018 dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *