HEADLINE

Bupati Bolmut Sosialisasikan Pengembangan Usaha Nelayan

BMRPost, BOLMUT-Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh rabu (05/10) secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi Strategi Pengembangan Kapasitas Nelayan melalui pemberian bantuan perikanan tepat sasaran di Kabupaten Bolmut yang bertempat di Bangsal Pengolahan Perikanan Desa Tombulang Pantai Kecamatan Pinogaluman.

Sosialisasi program kegiatan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) bersama Penyuluh Perikanan untuk masyarakat perikanan tangkap, pembudidayaan dan pengolahan hasil perikanan tahun 2017 ini juga dirangkaikan dengan pembentukan Tim verifikasi, pengawasan dan evaluasi bantuan sebagai alur tata cara penyaluran bantuan untuk 3 (tiga) Desa pesisir yakni Desa Tombulang Pantai, Desa Buko Utara dan Desa Sidupa yang menjadi pilot project terobosan program Kelautan dan Perikanan Tahun 2017.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Bolmut menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini, pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang program kegiatan Pemerintah Daerah khususnya di Bidang Perikanan sangatlah penting sebagai kesesuaian program kegiatan antara Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Desa.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan bahwa hal ini sesuai dengan pemetaan wilayah, dimana Kecamatan Pinogaluman merupakan kawasan Minapolitan (Kota Perikanan), Kaidipang Pusat Pemerintahan, Bolangitang Barat kawasan Ekonomi dan perdagangan, Bolangitang Timur kawasan perindustrian, Bintauna kawasan pendidikan dan Sangkub sebagai kawsan pertanian. Pemetaan ini bertujuan untuk menciptakan perputaran ekonomi yang baik di daerah tanpa mengabaikan potensi lain yang ada di masing-masing wilayah.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan awal terobosan program Pemerintah Daerah melalui DKP Tahun 2017 yang nantinya akan membentuk tim verifikasi pengawsan dan evaluasi bantuan perikanan di Desa, dimana keanggotaannya adalah pelaku usaha perikanan tangkap, budidaya dan pengolahan hasil perikanan yang diharapkan bantuan tersebut akan tepat sasaran baik bantuan dari APBD maupun APBN.

Selain itu, kegiatan sosialisasi ini juga dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai media untuk menyampaikan aspirasi agar terjalin komunikasi yang baik dengan Pemerintah Daerah dalam mencapai keberhasilan program ini.

Pada Tahun 2016 ini Pemerintah Daerah Bolmut telah menyediakan bantuan untuk masyarakat nelayan diantaranya 44 unit alat tangkap, 36 unit mesin ketinting, 14 unit jaring, 20 unit coolbox, 15 unit freezer, 50 longline, 5 unit perahu lampu dan 50 ribu ekor bibit ikan. Terkait dengan itu, Bupati menghimbau kepada Dinas teknis agar segera menyalurkan bantuan-bantuan tersebut kepada masyarakat sesuai dengan prioritas kebutuhan.

Bupati juga mengajak masyarakat agar dapat memanfaatkan semua fasilitas bantuan yang telah diberikan sesuai peruntukkannya. Disadari juga bantuan ini masih belum mampu mengakomodir kebutuhan yang ada. Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk tetap bersabar karena program ini berjalan secara bertahap.

Turut hadiri dalam kegiatan tersebut Kepala DKP Kabupaten Bolmut Viktor F. Nanlessy, M.Si, Kepala BP4K Bolmut Dra. Fatmah Humokor, Camat Pinogaluman, Sangadi, Koordinator BP3K, para Penyuluh Perikanan, Koperasi Perikanan, Masyarakat Pelaku Usaha Perikanan Tangkap, budidaya dan pengolahan hasil perikanan.

(*)

Komentar Facebook

komentar

Berita Lainnya

Kasus Dugaan Pelanggaran UU ITE Berlanjut, Polres Bolmong Surati AH

Kepastian dipanggilnya pemilik akun  Awie Hassan yaitu dengan terbitnya surat panggilan nomor : S.pgl /203/IV/2018/Reskrim, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *