HEADLINE
Pemerintah Singapura Tahan Teman Ahok

Pemerintah Singapura Tahan Teman Ahok

BMRPost-Dua pendiri Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas dan Richard Handris Saerang, ditahan otoritas imigrasi Singapura (Immigration & Checkpoints Authority of Singapore–ICA) Sabtu, 4 Juni 2016. Hingga saat ini, keduanya masih diisolasi dan tidak dapat dihubungi.

Salah satu pendiri Teman Ahok, Singgih Widiyastono, mengatakan keduanya ditahan dengan status Unwanted Person. “Kami masih belum mengetahui alasan pasti mengapa mereka dianggap orang yang mencurigakan di Singapura,” kata Singgih, Sabtu, 4 Juni 2016. Seperti di kutip darai Tempo

Singgih mengatakan Amalia dan Richard terbang ke Singapura untuk memenuhi undangan acara Food Festival. Menurut Singgih, undangan ditujukan untuk pribadi, bukan atas nama Teman Ahok.

Menurut Singgih, kedua kawannya mendarat di Bandar Udara Changi pada 14:30 waktu setempat. Saat itu ia mendapat kabar dari Amalia bahwa mereka tertahan. Singgih mengatakan Amalia dan Richard kemudian ditahan di ruang isolasi.

“Kontak terakhir saya dengan mereka sekitar 21:43 WIB dan Amalia terus menangis,” katanya. Selepas itu, telepon kedua temannya tak dapat dihubungi.

Singgih mengatakan Amalia dan Richard dijanjikan untuk pulang sekitar pukul 9 malam waktu Singapura oleh ICA. Namun janji tersebut tidak terpenuhi. “Saya tidak tahu alasannya,” kata Singgih. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura pun tidak bisa menemui Amalia dan Richard.

Singgih kemudian mendapat kabar dari otoritas Singapura bahwa kedu pendiri Teman Ahok itu akan dipulangkan pada pukul 10:00 pagi waktu Singapura. “Kami terus berkoordinasi dengan KBRI di Singapura agar mereka bisa dipulangkan secepatnya,” kata dia.

Jika kedua temannya tak dipulangkan, Singgih mengatakan akan mendatangi Kedutaan Besar Singapura di Jakarta. Dalam siaran persnya, Teman Ahok juga meminta kejelasan perlakuan terhadap Amalia dan Richard. (Kompas/Octav)

 

Komentar Facebook

komentar

Berita Lainnya

Rusdi Gumalangit Sebut Cherish Harriette Layak Wakili Generasi Muda di Pusat

BMRPost,BOLTIM – Minggu, (14/10) Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Rusdi Gumalangit manghadiri penutupan Grass …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *