HEADLINE
Hingga 3 Hari kedepan Cuaca Masih Ekstrim

Hingga 3 Hari kedepan Cuaca Masih Ekstrim

BMRPost,SULUT-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, memperkirakan hingga tiga hari ke depan sebagian besar wilayah Sulawesi Utara (Sulut) masih akan dilanda hujan sedang hingga lebat. Hingga 3 Hari kedepan Cuaca Masih Ekstrim

Prakirawan Stasiun Meteorologi Sam Ratulagi Manado Rany Puspita Eka Wati mengatakan, berdasarkan pengamatan citra satelit potensi  hujan di sebagian besar wilayah Sulut masih akan turun dengan intensitas sedang hingga lebat atau masuk dalam kategori ekstrim. Hingga 3 Hari kedepan Cuaca Masih Ekstrim

“Sebenarnya belum pasti kapan cuaca ekstrim ini akan berakhir, tapi dari perkiraan kami kemungkinan masih akan melanda hingga tiga hari ke depan,” jelas Eka Wati di Manado, Selasa (21/6/2016)

Menurut dia, selain disebabkan oleh adanya sirkulasi tekanan rendah di Samudera Pasifik sebelah utara di Papua bagian barat. Cuaca ekstrim ini juga disebabkan adanya pembentukan gugusan uap air yang dapat menyebabkan pertumbuhan awan hujan.

“Yang pertama karena ada perbendaan tekanan di Samudera Pasifik, tapi juga ditambah  adanya pembentukan uap air yang menyebabkan pertumbuhan awan hujan,” paparnya.

Pihaknya juga memperkirakan ketinggian gelombang laut dalam tiga hari ke depan bisa mencapai empat meter. Ketinggian gelombang ini diperkirakan akan terjadi di perairan Sulut.

“Gelombang laut tinggi berpotensi terjadi dari 2,5 meter sampai 4 meter di perairan Sulut, di Laut Sulawesi serta di Kepulauan Sangihe Talaut,” ucapnya.

(ss/Octav)

Komentar Facebook

komentar

Berita Lainnya

Semangat Kemerdekaan, Penambang ini ‘Sulap’ Handuk Jadi Bendera Merah Putih

BMRPost,KOTAMOBAGU-Berbagai hal unik dilakukan masyarakat dalam rangka merayakan kemerdekaan  RI ke-73 pada, Jumat (17/08/18). Mulai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *