HEADLINE
GP Azerbaijan, Rio Haryanto Start di Posisi ke-17

GP Azerbaijan, Rio Haryanto Start di Posisi ke-17

BMRPost-Seri balapaqn Grand Prix Eropa akan berlangsung hari ini minggu (19/6/2016) di Sirkuit Baku Azerbaijan. sirkuit sepanjang 6.003 kilometer ini baru untuk yang pertama kalinya dipakai buat ajang GP Formula1 ini. yang unik sehari-harinya sirkuit ini merupakan jalanan di kota Baku, Azerbaijan.  GP Azerbaijan, Rio Haryanto Start di Posisi ke-17

Nico Rosberg berhasil jadi pemegang pole position atau akan strat dari posisi terdepan pada GP Eropa 2016 di Sirkuit Baku City, Azerbaijan yang akan berlangsung hari ini, Rosberg menjadi yang terbaik dengan catatan waktunya 1 menit 42,758 detik, sementara Hamilton yang sebelumnya mendominasi latihan FP1,2 dan 3 mengalami kecelakaan menabrak dinding pembatas. Posisi kedua ditempati pada balapan kali ini ditempati oleh Sergio Perez, dari tim Force India.  GP Azerbaijan, Rio Haryanto Start di Posisi ke-17

Namun karena Perez dijatuhi hukuman penalty ( karena menganti Gir boks) ia harus mundur lima grid kebelakang dan akan memulai lomba dari posisi ketujuh.

Sementara itu ditempat ketiga ditempati oleh pembalap Red Bull Daniel Ricciardo dengan catatan waktunya 1 menit 43,966 detik. Sementara itu berita bagusnya bagi kita adalah Rio Haryanto berhasil meraih posisi start terbaiknya selama mengikuti ajang balap paling bergengsi ini, Rio ada di depan kedua pesainganya sesama pembalap Rookie yaitu Jolyon Palmer GBR Renault dan rekan satu timnya Pascal Wehrlein dan bahkan di depan Juara dunia GP Formula 1 tahun 2019, Jenson Button GBR McLaren-Honda yang akan start dari posisi ke 19.

Seperti diberitakan Rio Haryanto nyaris menembus sesi Q2.  Ini menjadi prestasi terbaik bagi Rio selama mengikuti kualifikasi dalam debutnya di balap F1 2016. Sementara itu Rekan setimnya di tim Manor, Pascal Wehrlein yang selama ini selalu di depan Rio harus puas start di posisi ke 18 didepan pembalap Mclaren Jenson Button.

Bagi Rio, hasil kualifikasi F1 GP Eropa kali ini menjadi yang terbaik dibanding tujuh balapan sebelumnya dimana paling maksimal pencapaian Rio memulai lomba dari posisi 19 yaitu saat di GP Monaco akhir Mei 2016 lalu.

Sekedar catatan posisi posisi Start Rio selama ini  mulai dari GP Australia, Rio hanya mampu berada di posisi ke-21. Posisi yang sama dia tempati di F1 GP Bahrain,  berikutnya naik satu ke posisi 20 di GP China &GP Rusia, selanjutnya Rio kembali harus memulai lomba di posisi 21 dan berikutnya di GP Spanyol malah kembali turun ke posisi 22 .

Sesudah tampil baik di F1 GP Monaco, performa Rio kembali menurun. Saat balapan di F1 GP Kanada, dia harus menerima kenyataan memulai lomba dari posisi paling buncit lagi tapi saat ini di GP Eropa Rio ada di posisi start ke 17

Semoga saja Rio dapat memanfaatkan dengan maksimal posisi start terbaiknya itu ini pada balapan di sirkuit jalan Baku Azer Baijan ini yang memiliki tikungan sempit dan lintasan panjang.

Berikut jalannya babak kualifikasi GP Eropa di Sircuit Baku City, Azerbayjan 2016 Sesi Kualifikasi Pertama, pada sesi kualifikasi ini Duo pebalap Mercedes tampil jadi yang terbaik Lewis Hamilton menjadi pebalap tersepat dengan catatan waktu terbaiknya 1 menit 46.435 detik yang dilakukannya dalam 23 putaran.

Ditempat kedua ditempati oleh Nico Rosberg dengan catatan waktu 1 menit 46. 812 atau 0,377 detik lebih lambat dari pada rekan setimnya Lewis Hamilton. Pencapaian tersebut didapatkan Rosberg dalam 32 kali putaran.

Sementara itu tempat ketiga ditempati oleh pembalap William Valtteri Bottas, dengan catatan waktu 1 menit 47,096 Sementara itu seperti biasa tiga pembalap Rookie, Jolyon Palmer dari tim Renault tampil jadi yang terbaik diposisi ke 18 dengan catatn waktunya 1 menit 50.910 detik, diikuti ditempat kedua oleh Pascal Wehrlein dengan catatan waktu 1 menit 51.219 detik diposisi ke 20 dan ditempat terakhir pembalap Indonesia Rio Hariyato dengan catatan waktu terbaiknya 1 menit 51.925 detik. yang dilakukannya dalam 28 putaran.

Hery Syofyan

Komentar Facebook

komentar

Berita Lainnya

Kasus Dugaan Pelanggaran UU ITE Berlanjut, Polres Bolmong Surati AH

Kepastian dipanggilnya pemilik akun  Awie Hassan yaitu dengan terbitnya surat panggilan nomor : S.pgl /203/IV/2018/Reskrim, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *