HEADLINE
Polda Sulut

Status Polda Sulut beralih ke Tipe A

BMRPost,SULUT-Perjuangan menjadikan Polda Sulawesi Utara menjadi tipe A berbuah manis. Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi resmi mengeluarkan surat Nomor B/1741/M.PANRB/5/2016 tentang status Polda Sulut menjadi Polda tipe A.

“Kita bersyukur, Sulut bisa lolos. Dari empat polda yang mengusulkan, hanya Sulut dan Kalbar yang lolos. Riau dan Lampung tak lolos,” ujar Kapolda Sulut Rabu (18/5).

Dikatakannya, banyak keuntungan jika Polda Sulut jadi tipe A. Sarana dan prasarana ditingkatkan. Jumlah personel bertambah, jenjang kepangkatan, anggaran dan aspek lainnya. “Dengan begitu, ini juga akan berdampak pada masyarakat. Kinerja tentunya meningkat, lebih baik dari sebelumnya. Kalau sama saja, mending tak usah naik tipe,” ujarnya.

Orang nomor satu di Polda Sulut pun akan berpangkat bintang dua, jabatan Kabid Humas dan sejumlah tempat lainnya naik jadi kombes. “Kalau memang jadi, saya minta masyarakat koreksi dan evaluasi. Kapoldanya bagaimana, pejabatnya bagaimana. Masyarakat mengawasi. Itu akan jadi pertimbangan Menpan dan Pimpinan Polri,” ujarnya.

Kapolda mengungkap, alasan kenapa Polda Sulut dan Kalbar lolos, itu karena kedua daerah ini merupakan daerah perbatasan. Namun menurutnya, Sulut lebih riskan. “Kalbar berbatasan dengan Malaysia, yang kita lihat aman-aman saja. Sementara kita, berbatasan dengan Filipina, yakni teroris Abu Sayyaf. Serta Poso, ada kelompok Santoso,” ungkap Kapolda.

Selain itu, hal yang menjadi pertimbangan tipe A ini yakni potensi kejahatan transnasional. Beberapa waktu lalu, Tim Manguni berhasil mengungkap dua kasus warga Taiwan dan Cina. “Selain itu kejahatan seperti peredaran senjata api, narkoba serta perdagangan manusia,” ujarnya. Lebih lanjut Kapolda, pihaknya bersyukur dengan prestasi yang selama ini ditorehkan.

Masyarakat Sulawesi Utara mengapresiasi kinerja Polda Sulut. Apalagi dengan kehadiran tim khusus. Kapolda kembali menguraikan sejumlah prestasi yang diraih seperti peringkat pertama dalam memberantas kriminalitas dan kejahatan jalanan, usai dibentuk berbagai tim khusus seperti Barracuda, Manguni dan timsus di polres jajaran.

“Kita bersyukur bisa melakukan itu. Krimilitas menurun jauh. Mendapat apresiasi banyak pihak. Tentu ini akan terus kita tingkatkan,” Pungkasnya

(Octav_Tn)

Komentar Facebook

komentar

Berita Lainnya

Kasus Dugaan Pelanggaran UU ITE Berlanjut, Polres Bolmong Surati AH

Kepastian dipanggilnya pemilik akun  Awie Hassan yaitu dengan terbitnya surat panggilan nomor : S.pgl /203/IV/2018/Reskrim, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *