HEADLINE
Rafiah Dorong Masyarakat Fungsikan Pangan Lokal

Rafiah Dorong Masyarakat Fungsikan Pangan Lokal

BMRPost,BOLMONG-Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Bolaang Mongondow bekerja sama dengan PKK melaksanakan  Lomba cipta menu pangan B2SA Bolmong 2016. dalam kesempatan tersebut, Rafiah Dorong Masyarakat Fungsikan Pangan Lokal, Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) Pemkab Bolmong ini juga memotivasi masyarakat di Bolmong untuk gemar mengkonsumsi makanan sehat, dan bergizi dengan menggunakan bahan baku dari lokal.

(Rafiah Dorong Masyarakat Fungsikan Pangan Lokal)

Dirinya mengatakan, selain harganya murah, bahan baku lokal juga mudah didapat, menyehatkan, secara tidak langsung telah meningkatkan pendapatan petani di daerah.

“Kami sangat prihatin dengan semakin beredarnya kuliner dan jajanan kurang sehat bagi anak-anak kita,” jelas Rafiah, disela-sela Lomba cipta menu pangan B2SA Bolmong 2016 yang dilaksanakan di Balai Desa Mopait Kecamatan Lolayan,Selasa (31/05)

Ia berharap anggota dan kader PKK bisa terus mensosialisasikan, memberi pelatihan, dan mengadakan lomba makanan sehat ini bagi keluarga.

“Khususnya bagi kelompok kerja yang membidangi persoalan ini bisa meningkatkan kualitas kegiatan untuk lebih memasyarakatkan kuliner makanan sehat berbahan lokal,” ujarnya Rafiah

Para orangtua, dan guru di sekolah, juga diminta selalu memantau jajanan di lingkungan sekolah untuk melindungi anak-anak dari mengkonsumsi makanan kurang sehat dan berbahaya.Apalagi, lanjut Rafiah, kebanyakan jajanan yang dijual di lingkungan sekolah kerap kali makanan olahan, dan cepat saji yang kurang baik jika dikonsumsi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Sosialisasi juga mencakup memberikan pengetahuan tentang zat pangan berbahaya, seperti zat pewarna dan pengawet makanan penggunaan pestisida terhadap sayuran dan buah-buahan serta makanan kedaluwarsa.Menurut dia, menumbuhkan perasaan cinta dan bangga terhadap kuliner lokal ini sangat penting sehingga menumbuhkan semangat serta kreativitas menggali aneka menu masakan lokal dari bahan yang sehat dan mudah diperoleh. Ia yakin jika masyarakat mampu menciptakan menu masakan sehat berbahan pangan lokal ini akan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Tidak perlu lagi beli makanan yang mahal bahkan kita bisa membuka usaha kuliner untuk meningkatkan pendapatan keluarga,” terangnya.

Ditempat yang sama, Bupati Bolaang Mongondow, Salihi Mokodongan juga mensosialisalikan fungsi Positif dari pangan Lokal bagi kesehatan Masyarakat Bolmong.

(Octav)

Komentar Facebook

komentar

Berita Lainnya

Kasus Dugaan Pelanggaran UU ITE Berlanjut, Polres Bolmong Surati AH

Kepastian dipanggilnya pemilik akun  Awie Hassan yaitu dengan terbitnya surat panggilan nomor : S.pgl /203/IV/2018/Reskrim, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *