HEADLINE

Permainan Tradisional Meriahkan HUT Kotamobagu

BMRPost,KOTAMOBAGU-Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kotamobagu yang ke 9 tepatnya pada 23 Mei 2016 pemerintah Kota Kotamobagu menggelar berbagai macam perlombaan..

Di Lapangan Boki Hotinimbang Kotamobagu, digelar lima permainan tradisional Bolaang Mongondow, antara lain Momakian atau gasing mana yang berputar paling lama itu yang menang.

Pinsikan atau menggunakan tempurung yang sudah dibentuk. Dilihat mana yang punya poin lebih banyak saat dilempar.Lalu ada Langkadan atau berjalan dengan menggunakan bambu, mana yang lebih dulu sampai.

Hadang atau spell, dalam satu tim mana yang lebih banyak bisa melewati rintangan dari tim lain. Dan ada juga Lomba tarik tambang.

Ditempat yang sama, Agung adati selaku Ketua Panitia ,melalui wakil ketua seksi bidang pementasan seni budaya dan olahraga,Toni menjelaskan jika ada juga perlimbaan tarian tradisonal.

“Kegiatan tersebut terdiri dari kuliner,BRI idol,bintang vokalia,seni budaya,sanjak daerah,tarian daerah serta lomba (paki’)alias Gasing,(langkadan) Engrang,(klar) hadang dan kegiatan lainya,lanjutnya peserta kegiatan ini di ikuti seluruh elemen masyarakat yang berada di kotamobagu” Ujar Toni

Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara terlihat antusias menyaksikan semua permainan dari atas panggung lapangan sejak pagi hingga siang hari. Tatong mengatakan bahwa ini merupakan permainan sederhana yang bisa menimbulkan solidaritas.

“Ini permainan saya waktu masih kecil. Ini merupakan permainan ringan yang menimbulkan solidaritas,” ujar Tatong.

(Yeyen)

Komentar Facebook

komentar

Berita Lainnya

HANI 2018, BNN Bolmong Akan Gelar Jalan Sehat dan Bakti Sosial

BMRPost,KOTAMOBAGU-Sebagai penghargaan akan prestasi dan sekaligus memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) tahun 2018, Badan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *