HEADLINE
Ilustrasi

La Nina Ancam SULUT

Curah hujan berlebihan pada Juli, Agustus, hingga September

BMRPost,Sulut-Tahun 2015 Elnino menyebabkan bencana kekeringan yang sangat panjang di Sulawesi utara. Pada tahun ini (2016) masyarakat harus waspada terhadap prediksi La Nina yang berpotensi curah hujan panjang dan persentase yang cukup tinggi.

Dr Andi Eka Sakya ,Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikia (BMKG) mengimbau masyarakat untuk siap dan waspada menghadapi La Nina yang diperkirakan akan terjadi pada Juli hingga September 2016.

“(Fenomena) El Nino sudah lewat, sekarang kita prediksi adalah La Nina di Indonesia itu dampaknya curah hujan berlebihan pada Juli, Agustus, hingga September mendatang ini memberi indikasi, Hal itu bisa berpotensi benjir besar di Sulut jadi kalau hal prakiraan kita tepat sebelum hal itu terjadi, media rajin-rajinlah berkoordinasi dengan BMKG supaya kita bisa memberi peringatan kepada masyarakat” ujar Sakya ,Jumat (13/05) seperti yang dikutip tribunnews

Ditambahkan juga, bila prakiraan tersebut terjadi pihaknya akan menginformasikan ke sektor-sektor terkait seperti pariwisata, pertanian, perkebunan, nelayan, dan sebagainya.sebagai negara kepulauan yang terletak di antara dua benua dan dua samudera maka Indonesia menjadi salah satu pusat kendali sistim iklim dunia.

Pengaruh lokal terhadap keragaman iklim juga tidak dapat diabaikan, karena Indonesia merupakan negara kepulauan dengan bentuk topografi sangat beragam menyebabkan sistem golakan lokal cukup dominan.

“Artinya luas Indonesia butuh satu pengamatan lengkap karena Indonesia 70 persen lautan, daerah mana yang terdampak, kan tidak semua cuacanya sama, ini yang perlu kita kembangkan mudah-mudahan kita bisa lebih tepat,” Jelasnya

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Klas II Kayuwatu Manado Juli Setyanto mengatakan, pihaknya selalu melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah.

“Selalu kita berikan informasi, kalau ada hal-hal yang sifatnya ekstrem jadi harus siapkan gorong-gorong kebersihan sungai dan sebagainya,” pungkas dia.

Editor : Octav Singal

Komentar Facebook

komentar

Berita Lainnya

Herson Mayulu Ajak Warga Bolsel Pilih Cherish Harriette

BMRPost,BOLSEL-Mantan Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Hi Herson Mayulu SIP (H2M) yang juga calon anggota DPR …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *