HEADLINE
Piala WTN Bersarang di Kotamobagu (Agung Adati)

Korban Laka di Bentor Tak Wajib Dapat Uang Santunan ?

Agung: Penumpang Bentor Itu Tidak Ada Retribusinya Kepada Pemerintah

BMRPost,KOTAMOBAGU– Apabila ada kecelakaan Kendaraan Beroda Tiga, atau yang dikenal Becak Bermotor (Bentor), di Kotamobagu, umumnya di Bolmong Raya (BMR), maka keselamatan penumpang maupun pengendaranya, itu tidak dijamin oleh pihak Asuransi Jasa Raharja (JR) Kotamobagu, hal ini diutarakan oleh Kepala JR, Maneke S Sompie SE dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kotamobagu, Agung Adati.

Minggu (08/5) kemarin. Sebelum BMRpost mewawancarai pihak terkait, yaitu JR Kotamobagu, mulanya keterangan dari Kadis Dishub, atau yang akrab disapa Agung. Dirinya mengatakan, bahwa bentor tidak merupakan sebuah kendaraan taksi.

“Penumpangnya di depan, semestinya supir yang di depan, bukan sebaliknya,” ucap Agung, sewaktu media Online BMRpost mewawancarainya di Rumah Kopi Jarod

Selain itu, Agung menambahkan, dimana sistem pengreman bentor juga, tidak sebagaimana mestinya.

“Remnya juga, yang ada itu Cuma rem belakang, sedangkan kedua bola depannya tidak ada,” jelas Agung. “Begitu pun dengan penumpangnya, itu tidak ada Retribusinya,” sambung lelaki yang tergabung di sebuah Club Motor yang ada di Kotamobagu

Tak berbeda jauh dengan Meneke, dirinya mengakui, bila mana ada penumpang Bentor maupun Supirnya yang mengalami kecelakaan lalu lintas, maka pihak korban tidak wajib mendapat santunan dalam bentuk uang tunai.

“Pihak jasa raharja akan memberikan santunannya, berdasarkan dengan apa yang ada di dalam aturan (Undang-undang nomor 33 tahun 1964 dan undang-undang 34 tahun 1964), dan kalau bentor, penumpangnya seperti yang disampaikan pak Kadis Dishub tidak ada retribusi,” ungkap Maneke, melalui Telepon genggam. (Luth/Octav)

 

Grafis: Besaran Nilai Santunan Bagi Korban Kecelakaan.

Meninggal, Korban Kecelakaan Darat/Laut 25 juta, Udara 50 juta.

Cacat Tetap, Korban Kecelakaan Darat/Laut 25 juta, Udara 50 juta.

Perawatan,Korban Kecelakaan Darat/Laut 10 juta, Udara 25 juta.

Penguburan, Korban Kecelakaan Darat/Laut 2 juta, Udara 2 juta.

 

Berdasarkan dengan, Peraturan Mentri Keuangan No 36 dan 37/PMK.010.2008, Nilai Santunan Kecelakaan Lalu Lintas Darat, Laut dan Udara.

 

Komentar Facebook

komentar

Berita Lainnya

HANI 2018, BNN Bolmong Akan Gelar Jalan Sehat dan Bakti Sosial

BMRPost,KOTAMOBAGU-Sebagai penghargaan akan prestasi dan sekaligus memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) tahun 2018, Badan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *