HEADLINE

Cultural Month 2016, Indonesia Terbaik

BMRPost-Bangsa sendiri mungkin kurang begitu menyadari, tapi bangsa-bangsa lain di dunia sedemikian mengagumi budaya Indonesia. Penghargaan dari World Cultural Month 2016 ini salah satu buktinya.

“Di antara partisipan dari 55 negara, Indonesia terpilih mendapat penghargaan sebagai stand budaya terbaik dan terfavorit,” ujar Duta Besar RI Dakar Mansyur Pangeran kepada detikcom, Sabtu (30/4/2016). Seperti dilansir detik.com

World Cultural Month adalah ajang prestisius untuk memamerkan dan mempromosikan keunikan budaya masing-masing negara kepada masyarakat Senegal, khususnya kepada kalangan ekspatriat di ibu kota negara, Dakar.

“Partisipasi kita dalam World Cultural Month ini sangat penting untuk mengenalkan Indonesia secara lebih luas, terutama dari aspek budaya,” terang Dubes.

World Cultural Month yang diselenggarakan oleh International School of Dakar (ISD) ini dikunjungi oleh ribuan orang yang terlihat antusias menikmati beragam keunikan budaya yang ditampilkan dari berbagai negara.

Pada parade pakaian khas masing-masing negara, Indonesia menampilkan busana tradisional batik sampai tenun dari berbagai daerah, dengan ragam rancangan, corak dan warna beraneka.

Di samping itu, stand Indonesia mengenalkan budaya kuliner yang populer di segala lapisan sosial masyarakat dan segala kesempatan antara lain nasi goreng, mie goreng, sate dan es teler. Dalam waktu relatif singkat, seluruh kuliner Indonesia ini ludes diminati pengunjung.

Juga ditampilkan ikon budaya berupa instrumen gamelan, yang menjadi basis musik tradisional dari Aceh di ujung Sumatera, Jawa, Bali, sampai Maluku dan sekitarnya di ujung Timur. Instrumen ini cukup ramai menyedot pengunjung, karena mereka dapat mencoba memainkan secara langsung.

Sebagai magnet informatif juga ditayangkan video, serta dibagikan poster dan flyer mengenai berbagai destinasi wisata di Indonesia.

“Dengan terpilihnya Indonesia sebagai yang terbaik pada World Cultural Month ini diharapkan dapat memberi daya tarik bagi warga Senegal dan asing lainnya untuk datang mengunjungi Indonesia,” pungkas Dubes.

Sudah dideskripsikan penuh patriotisme dalam “Indonesia Pusaka” oleh komponis besar Indonesia segala zaman, Ismail Marzuki, betapa bangsa ini mewarisi negeri yang indah tak terpemanai:

Komentar Facebook

komentar

Berita Lainnya

Herson Mayulu Ajak Warga Bolsel Pilih Cherish Harriette

BMRPost,BOLSEL-Mantan Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Hi Herson Mayulu SIP (H2M) yang juga calon anggota DPR …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *