HEADLINE

Pimpinan Daerah Wanita Sulawesi Utara, Inspirator Kartini Modern

BMRPost-Sulawesi Utara (Sulut)memiliki 11 Kabupaten dan 4 Kota. Dan siapa sangka, dari luas wilayah sebesar 15069,00 km persegi dan jumlah populasi sebanyak 2.575.933 jiwa. Ada 3 Kabupaten dan 1 Kota yang dipimpin oleh wanita-wanita yang parasnya sangat cantik dengan koleksi prestasi yang sangat wah. Bahkan diantara mereka ada yang digadang-gadang sebagai Bupati tercantik se Indonesia.

Siapa saja mereka ? mari kita mulai dari bagian selatan Sulawesi Utara disebuah wilayah Bolaang Mongondow Raya, hingga ke pulau terluar Indonesia di bagian Nusa Utara.

Walikota Kotamobagu Ir Tatong-Bara
Walikota Kotamobagu Ir Tatong-Bara
  1. Tatong Bara (Walikota Kotamobagu)

Tatong Bara merupakan Walikota Kotamobagu yang dipilih oleh rakyat Kotamobagu pada pemilihan Walikota 2013 silam. Dirinya berhasil meraup kemenangan dan dinyatakan sebagai Walikota perempuan pertama di Kotamobagu. Sedangkan diukur dari Prestasi, Tatong Bara juga merupakan Mantan Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Sulut sebelum digantikan Sehan Landjar. Selain itu Tatong Bara juga pada tahun 2008-2013 menjabat sebagai Wakil Walikota Kotamobagu  di era kepemimpinan Djelantik Mokodompit. Saat ini Tatong Bara sedang menggagas Kota yang dipimpinnya tersebut menjadi Kota SMART. Sukses yah ibu Walikota.

 

christiany eugenia paruntu
christiany eugenia paruntu

 

  1. Christiany E. Paruntu (Bupati Mnahasa Selatan )

Akrab dengan sapaan Tetty, Bupati Minsel ini ternyata sudah kali keduanya menakhodai wilayah selatan Minahasa. Anak dari mantan Rektor Universitas Sam Ratulangi Manado ini memulai karirnya sebagai pengusaha usai menuntaskan pendidikannya di Pitman College pada jurusan Manajemen Bisnis. Sejak berkiprah dalam partai, Tetty Paruntu menjabat sebagai fungsionaris DPP Partai Golkar dan merangkap Wakil Bendahara I Partai Golkar Sulut. Dirinya juga tercatat sebagai pemilik 5 Perusahan besar. Tetty juga di nobatkan oleh beberapa Situs bahwa dirinya adalah Bupati Perempuan tercantik se Indonesia.

Vonny Panambunan
Vonny Panambunan

 

  1. Vonny Panambunan (Bupati Minahasa Utara)

Di Utara tanah Minahasa ada Vonny Panambunan. Mantan Istri dari pengusaha besar di tanah Borneo ini sebelumnya memang telah menjadi Bupati Definitif pertama di Minahasa Utara. Namun karena berurusan dengan hukum, Vonny mengundurkan diri dari jabatannya demi menghargai jalannya proses hukum. Posisinya saat itu digantikan oleh Wakil Bupati Sompie Singal. Usai menjalani Proses Hukum, Vonny Kembali bertarung. Dan alhasil dirinya terpilih sebagai Bupati Minahasa Utara periode 2016-2021. Selamat yah VAP.

manalip
Sri Wahyuni Manalip

 

 

  1. Sri Wahyuni Manalip (Bupati Talaud)

Cantik, muda dan cerdas. Saat menjadi Bupati, Sri wahyuni Manalip terbilang masih sangat muda. Pasalnya saat itu dirinya baru berusia 37 Tahun. Namun daerah yang dipimpinnya tersebut termasuk sangat rumit. Selain berada di kepulauan dengan jarak jangkau sangat terbatas, karena sebagian besar wilayahnya merupakan daratan yang terpisah-pisah dengan samudera. Sri Wahyuni Manalip terpilih sebagai Bupati pada Pilkada Serentak 9 Desember 2015 tahun kemarin, dan dilantik oleh Gubernur, Olly Dondokambey.

Wanita-wanita diatas semoga bias member inspirasi bagi kaum hawa di Indonesia, Khususnya di tanah Sulawesi Utara, dan bias membawa perubahan yang positif bagi daerah tercinta kita Sulawesi Utara dimasa yang akan datang.

 

Penulis : Octav Singal

Komentar Facebook

komentar

Berita Lainnya

Kasus Dugaan Pelanggaran UU ITE Berlanjut, Polres Bolmong Surati AH

Kepastian dipanggilnya pemilik akun  Awie Hassan yaitu dengan terbitnya surat panggilan nomor : S.pgl /203/IV/2018/Reskrim, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *