HEADLINE

Nuklir Korut ‘Ancam’ Jepang dan Amerika Serikat

BMRPost-Ancaman serangan nuklir Korea Utara (Korut) kian nyata. Pemerintah Korea Selatan (Korsel) pun melayangkan peringatan bahwa negara pimpinan Kim Jong-un itu punya sejumlah hulu ledak nuklir yang siap dipakai dan menjangkau dua sekutu Korsel – Jepang serta Amerika Serikat (AS).

Sebagaimana diwartakan Mirror, Jumat (22/4/2016), pemerintah Korsel menyatakan Korut sudah punya beberapa hulu ledak nuklir yang telah diminiaturisasi (dibuat lebih kecil) dengan bobot 660 pon atau sekira 300 kilogram, di mana Jepang dan AS dalam jangkauan target Korut.

Belum lagi beberapa waktu sebelumnya, Kim Jong-un pernah menyatakan bahwa dia ingin hulu ledak nuklirnya disiapkan untuk dipasok ke misil-misil mereka, agar bisa diluncurkan kapan saja.

“Kita harus selalu siap untuk menembakkan hulu ledak-hulu ledak nuklir kita kapan pun,” cetusnya kepada salah satu media pemerintah Korut.

Terpisah, hal ini juga jadi kekhawatiran tersendiri bagi AS. Panglima Komando Asia Pasifik Angkatan Darat (AD) AS, Jenderal Vincent Brooks bahkan memaparkan bahwa Korut tak hanya punya misil yang bisa menghantam Jepang dan AS, tapi juga senjata roket.

“Seiring dengan waktu, saya meyakini bahwa kita akan melihat mereka (Korut) bisa mencapai kemampuan itu (menargetkan roket ke Jepang dan AS) jika mereka tidak dihentikan,” timpal Jenderal Brooks.(Mirror)

 

Komentar Facebook

komentar

Berita Lainnya

Kasus Dugaan Pelanggaran UU ITE Berlanjut, Polres Bolmong Surati AH

Kepastian dipanggilnya pemilik akun  Awie Hassan yaitu dengan terbitnya surat panggilan nomor : S.pgl /203/IV/2018/Reskrim, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *