HEADLINE
Seorang pria mengamati asap putih mengepul dari Kawah Tompaluan yang berada yempat disamping Gunung Lokon, Tomohon, Sulawesi Utara, Minggu (10/1). Sepanjang Desember 2015 hingga Januari 2016, tercatat tidak kurang dari 200 kali terjadi aktifitas seismik vulkanis yang masih tergolong normal meski status Gunung Lokon siaga level tiga. ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/pd/16.

Lokon Siaga Level III

BMRPost.com, Tomohon-Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Bandung kembali menaikkan status Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, menjadi siaga pada level III. “Status ini dinaikkan sejak pukul 02.00 WITA hari ini,” kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu di Kakaskasen Farid Ruskanda Bina di Tomohon, Selasa(8/3).

Menurut dia, dinaikkannya ke status siaga dari waspada level II karena meningkatnya kegempaan yang berlangsung sejak Ahad (6/3) hingga hari ini. “Setelah status dinaikkan menjadi siaga, radius bahaya pun berubah menjadi 2,5 kilometer. Artinya, jangan ada aktivitas di radius ini karena membahayakan keselamatan bila terjadi erupsi tiba-tiba,” katanya.

Frekuensi gempa yang masih berlangsung ini,  Farid mengatakan bisa berpeluang terjadi letusan. Dengan status yang dinaikkan itu, Gunung Lokon akan terus dipantau dan sesegera mungkin menyampaikannya ke pemerintah kota. Paling penting warga tidak mendekat ke pusat letusan kawah Tompaluan Gunung Lokon.

Pada 5 Februari 2016, PVMBG menurunkan status siaga Gunung Lokon ke waspada karena aktivitas kegempaan terus menurun. Radius bahaya pun kemudian diturunkan menjadi 1,5 kilometer dari sebelumnya 2,5 kilometer (Rep)

Komentar Facebook

komentar

Berita Lainnya

Kasus Dugaan Pelanggaran UU ITE Berlanjut, Polres Bolmong Surati AH

Kepastian dipanggilnya pemilik akun  Awie Hassan yaitu dengan terbitnya surat panggilan nomor : S.pgl /203/IV/2018/Reskrim, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *